Sedangkan Datuak Bandaro Kayo yang menemui Datuak Daputiang di negeri Sibijayo Palembang sebagai kerabatnya, membicarakan untuk mengembangkan negeri hulu Kampar yang akan dibukanya sebagai tempat pemukiman baru. Pembicaraan itu sangat didukung oleh Datuak Daputiang, kemudian Datuk Bandaro Kayo pun dinikahkan dengan seorang gadis cantik salah seorang pegawai istana negeri Sibijayo. Datuk Bandaro Kayo kembali ke hulu sungai Kampar hingga sampai membuka perkampungan awal bernama “Sialang”, kata Sialang menurut keterangan penduduk hulu batang Kampar adalah sebuah tempat baru atau Lantak (batas), sebuah negeri di Alam Minangkabau.
Kampung itu kemudian bernama Sialang Labah, Sialang Batu. Sedangkan Datuk Bandaro Kayo dengan istrinya (wanita dari negeri Sibijayo) berada di Negeri Sialang mempunyai seorang putra yang bernama Datuak Tumangguang. Datuak Tumangguang ini yang nantinya dinikahkan dengan kemenakan Datuak Bandaro Kayo yang tinggal di Pariangan untuk dibawa tinggal ke Sialang meneruskan jalur matrilineal dari Datuak Bandaro Kayo di Sialang supaya tidak putus.
Merujuk kembali kepada Kampar, Kampar yang merupakan Rantau Luhak Limapuluh yang dikata Rantau Niniak Nan 44 (empat puluh empat). Tetapi tidak seluruh Negeri Kampar yang masuk kedalam Andiko 4 (empat) karena di Kampar terdapat sebuah kerajaan yang bernama Kerajaan Seganti yang berada 15 kilometer dari tepi Sungai Batang Kampar, dan kemudian Kerajaan Pematang Tua (Pekantua) yang berada juga 20 kilometer dari hulu Muarotalam Kampar, dan di Kampar Kiri juga disebut dengan “Rantau Tiga Kubung Air” yang terdiri dari Sibayang, Singing, dan Gunuang Sahilan, dan juga daerah sekitar Singingi disebut Luhak Sembilan yang terdiri dari Luhak Yang Berempat, dan Luhak Yang Berlima.
Sedangkan secara adat, Negeri Kampar yang dikisahkan dalam Tambo Bungka Nan Piawai ketika sebelum keberangkatan Datuak Sibijayo pergi ke Muara Takus yang bertolak dari Pariangan ketika itu.Sedangkan secara adat, Negeri Kampar yang dikisahkan dalam Tambo Bungka Nan Piawai ketika sebelum keberangkatan Datuak Sibijayo pergi ke Muara Takus yang bertolak dari Pariangan ketika itu. Yang tidak menerima keputusan Raja Pariangan Sri Maharajo Dirajo yang memutuskan perkara, “biang tabuk, ranting putus, hanyo kato ditangan raja, tidak memakai lagi cara/kato nan dilega, bulek aie kapambuluah, buleh kato kamumpakat, tidak bulek kato urang basamo, bukan bulek pado nan bulek, dari uran nan samparan, kok duduk tidak samo randah, kok tagak tidak samo tinggi, tagaknyo tidak samo sapandangan, kok duduknyo tidak samo paseloan, hanyo titah dilimpahkan. Dengan tidakan itu Datuak Sibijayo pergi kesebelah timur pulau perca yang kemudian duduk menjadi pimpinan tertinggi di negeri Muara Takus Talago Undang.
Lalu oleh Sri Maharaja Diraja mengutus Datuak Majo Indo pergi ke Muara Takus untuk menyuruh kembali Datuak Sibijayo ke Pariangan, tetapi ketika Datuak Majo/Marajo Indo menyuruh Datuk Sibijayo kembali, terjadi bantah dan selisih antara Datuak Majo Indo dengan Datuak Sibijayo, terjadilah perperangan yang tidak hentinya, perperangan saudara antara Datuak Sibijayo dengan Datuak Majo Indo. Tetapi oleh Datuak Sibijayo melihat perperangan itu banyak memakan korban jiwa, maka diputuskanya untuk membentuk sebuah Pangkalan, tempat singgah menghadapi musuh. Maka bernamalah tempat itu Pangkalan. Kemudian Datuk Majo Indo ketika Datuak Sibijayo menghindar, dikirim surat kepada Sri Maharjo Dirajo Pariangan, untuk mencarikan jalan keluar pertikaian ia dengan Datuak Sibijayo. Oleh Raja Pariangan dikirim Datuk Rajo Dibalai untuk mendamaikan pertikaian di Muara Takus Talago Undang. Datuak Rajo Dibalai ketika hendak ke Muara Takus didampingi oleh Datuk Sari Maharajo. Ketika pertikian itu telah selesai, Kemudian Negeri Muara Takus menjadi aman.
Maka Datuak Rajo Dibalai menempatkan Datuak Sari Maharojo di Negeri Mungka untuk membedakan kebesaran dengan Pariangan di “gelek gala” dengan gelar Datuak Siri Maharajo. Datuak Rajo Dibalai Muara Takus ketika itu memegang pucuk bulat urat tunggang. Di Muara Takus ditempatkan juga seorang Datuk Maharajo Lelo dari Suku Domo (Dharmasraya), Datuak Rajo Ampuni dari Suku Piliang, Datuak Malintang Bumi dari Suku Caniago dan Datuak Panduko Rajo dari Suku Malayu. Sedangkan Datuak Raja Dibalai sendiri dari Suku Domo (Dharmasraya), tetapi sekian masa berganti hingga sampai kepada pemerintahan Datuak Katumangguang dan Datuak Parpatiah Nan Sabatang, untuk mengingat peristiwa kejadian itu dibawalah umbul-umbul perdamaian antara Lareh Koto Piliang dari Sungai Tarab, dan umbul-umbul marawa kebesaran dari Negeri Limakaum Lareh Bodi Caniago. Sedangkan secara adat Muara Takus atau Kampar dalam kesatuan Luhak Limapuluah Koto. Untuk banding membanding perkara dari Kampar keputusan di Luhak Lima Puluh, setiap persoalan yang terjadi di Kampar Kanan dan Kiri kecuali Taratak Buluah. Jika Tidak putus ditingkat Nagari di Kampar akan dibawa kepada Datuak Sibijayo di Pangkalan Kotobaru, jika tidak Putus di Pangkalan Kotobaru yang disebut “Pemegang Kambuik Baniah, Tampang Pusako” akan dibawa ke Ranah Luhak Limapuluah Koto. Untuk Pucuk Bulat Urat Tunggang adalah Datuak Sibijayo yang didampingi oleh Niniak Mamak yang 12 (dua belas) dari Kampar yang terdiri dari Niniak Mamak Nan Batujuah, dan Niniak Mamak Nan Balimo. Niniak Mamak Nan Batujuah yaitu: Datuak Sibijayo Sebagai Pucuak Bulat, Datuak Basa Talago Undang Kubulatan Cupak) Datuak Tumangguang Surat Gigi Suluah Bendang (Kebesaran Marawa Perdamaian Dari Lareh Koto Piliang), Datuak Perpatiah (Kebesaran Marawa Perdamain Dari Lima Kaum Lareh Bodi Caniago), Datuak Majo Indo/Datuak Marajo Indo Sebagai Camin Taruih, Datuak Panghulu Basa Payuang Panji Datuak Bandaro Pucuak Gadang Karantau, sedangkan Mamak Yang Berlima Terdiri Dari Datuak Domoanso (Darmawangsa) Datuak Mangkuto, Datuak Marajo, Datuak Rajo Malayu, dan Datuak Panduko Indo. Untuk membiangkan tabuak ranting putus adalah Datuak Sibijayo yang memimpin semua Niniak Nan Duobaleh, kemudian akan dibawa ke Muara Takus Telaga Undang untuk memutuskan perkara yang jika tidak putus di Pangkalan Kotobaru.
Maka di Muara Takus Talago Undang disidang oleh Niniak Nan Barampek yaitu: Datuak Rajo Dibalai Muara Takus, Datuak Datuak Marajo Indo Dikoto Laweh, Datuak Bandaro Di Mahek, dan Datuak Siri Maharajo di Mungka. Jika tidak putus juga di Muara Takus Talago Undang maka dibawalah kepada Datuak Tan Aduah di Koto Laweh, kemudian Datuak Tan Aduah yang nantinya membawa kepada Balai Gadang Payaukumbuah. Disini bersidanglah Raja Sandi, Raja Luhak, Raja Ranah, Raja Lareh dari Luhak Limapuluah Koto, yang dipimpin oleh Raja Sandi/Raja Payaukumbuh Datuak Sibaramban Nasi yang didalam Tambo dikatakan Biang Tabuak, Gantiang Putuih, Datuak Sibaramban Nasi, Datuak Sidi Awal, dan Datuak Rajo Nun. Maka disinilah Biang Tabuak Gantiang Putuih, kemudian untuk Negeri Taratak Buluah yang juga termasuk daerah Kampar yang disebut dalam Tambo Bungka Nan Piawai “ikua darek kapalo rantau, ujuang ranah limopuluah, sedangkan barih adatnya disitu mengandung tiga ‘ barajo ka banda siak, batuan ka limopuluah, babapak ka pagaruyuang”.
Kemudian juga mengisyaratkan ketika orang-orang berbondong datang ke batang Kampar maka terbentuklah sebuah mamang adat,
“kalau nayiak aie dari ulak, larinyo ka luhak limopuluah, mamintak obat ka tuannyo. Dan apobilo batandu kapa dari mudiak, larinyo ka Banda Siak, mintak tawa ka rajonyo, dan jikok balengkok pasang jo kapa, larinyo ka Pagaruyuang, mintak hiduik ka bapaknyo.”
Yang maksudnya jika terjadi ketidakberesan di Siak maka Taratak Buluah mengadu kepada Luhak Limapuluah, begitu sebaliknya jika tidak beres di Luhak Lima Puluah, maka Taratak Buluah mengandu ke Bandar Siak, jika tidak dapat keberesan dengan keduanya. Maka Taratak Buluah akan mengadu kepada Pagaruyuang.
Pada hakikatnya Negeri Kampar dan negeri hulu-hulu sungai Kampar Batang Kapur, Sungai Lolo dan sekitar –serta saudaranya di Luhak Limapuluah Koto yang secara Adat Minangkabau orang Nan Sapiah Sabalahan, Nan Sakuduang Sakaratan. Karena Nenek moyang yang ketika bertolak dari Pariangan akan mengisi daerah Luhak Nan Bonsu, Luhak Limo Puluh yang datang berbondong dalam Tambo Bongka Nan Piawai;
adapun nan di Lareh, mambukak koto jo nagari- Guguak jo Tabiang Tinggi- Ampalu jo Balaban – Labuah Gunuang Ujuang Gadang- sabondong pulo mailia Kabatang Kampa – Kampa Kanan Jo Kampa Kiri- itu nan lapeh karantau Bandro Ampek Puluah Ampek- sabondoang ka Pintu Rayo Hilie- taruih ka Pinauran Batang Mudiak- sampai ka Rokan Pandalian – ka Rambah ka Tambusi – maulu ka Sibalayang jo Muaro Lolo –macarak ka Tapuih jo Rao Mapek Tunggu – iyo di Rantau Gunuang Mamalintang – batamu jo urang Luhak Agam – nan malaco latiah di Rantau Sikilang.
- Sejarah Makanan Adat: Gulai Pangek Bada Jo Gulai Kacang, Tanda Penghormatan Raja Kepada Cendikiawan – Bagian 2 - 2 Oktober 2024
- Seri Punago Rimbun: Sejarah Menepinya Raja Alam Surambi Sungai Pagu, Samsudin Sandeowano Setelah Penobatan di Pagaruyung - 26 September 2024
- Punago Rimbun: Hilangnya Keris Kesaktian Bunga Kesayangan | Zera Permana - 21 September 2024
Discussion about this post